Cara Stimulasi Otak Janin dalam Kandungan

Agar Bunda melahirkan Si kecil yang cerdas dan pintar, berikanlah nutrisi terbaik & stimulasi sejak dini yaitu sejak didalam kandungan. Berikut beberapa hal yang bisa bunda lakukan:

  1. Konsumsi makanan bergizi, Ibu hamil membutuhkan zat gizi lengkap agar pertumbuhan janin di dalam kandungannya sempurna. Zat gizi ini berupa karbohidrat, lemak, vitamin dan mineral serta mikronutrient seperti asam folat dan omega 3. Pilihlah variasi makanan dari tiap kelompok makanan yang berbeda untuk menjamin keseimbangan nutrisi. Makan teratur 3 kali sehari, dan konsumsi makanan ringan selingan 2 sampai 3 kali sehari. Dapatkan serat dari buah, sayur, gandum, sereal dan kacang-kacangan, lalu minumlah air sedikitnya 8 gelas sehari, di tambah susu rendah lemak dan jus buah segar. Makan satu porsi ikan yang kaya akan omega 3 untuk perkembangan maksimal otak bayi.
  2. Hindari stres, Kondisi stress ibu hamil diduga akan menghambat aliran oksigen ke janin. Padahal, kurangnya asupan oksigen dapat mengganggu perkembangan otak. Setelah lahir perhatikan kebutuhan anak akan rasa nyaman dan aman.
  3. Kembangkan kemampuan berkomunikasi, Pada usia 26 minggu, janin sudah mampu mendengar. Jika Bunda bersuara keras, ia akan bereaksi dengan membuka dan menutup kelopak matanya. Selain itu, mengajaknya berbicara juga dapat menjalin ikatan dengan janin.Setalah anak lahir ajak anak berbicara, membacakan cerita dan membiarkan ia mengekspresikan pikiran dan perasaannya. Hal ini akan melatih anak menggunakan bahasa yang efektif, berimajinasi, berfantasi dan menambah kosa kata.
  4. Ransangan Musik. Musik klasik dapat memberi pengaruh positif pada proses perkembangan janin. Dari beberapa penelitian terbukti bahwa bayi yang sejak dalam kandungan diputarkan musik klasik, ketika lahir ia cepat merespon atau bereaksi terhadap musik yang biasa diputarkan untuknya. Oleh karena itu stimulasi musik sejak dalam kandungan sangatlah berguna.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: