Cara Terbaik Tekan Resiko Darah Tinggi

mediaindonesia.com- SELAMA ini, orang yang mudah marah dan tersinggung selalu dijuluki ‘si darah tinggi’, padahal tak semua orang bersifat demikian memang mangalami darah tinggi. Namun memang diakui sebagian besar penderita hipertensi atau darah tinggi cenderung tidak dapat mengendalikan emosi, kurang sabar, dan mudah tersinggung. Lalu bagaimana cara untuk menghindarkan diri dari kondisi tersebut?

Tekanan darah tinggi atau hipertensi adalah kondisi medis dengan terjadinya peningkatan tekanan darah secara kronis. Tekanan darah yang selalu tinggi adalah salah satu faktor risiko untuk stroke, serangan jantung, gagal jantung, dan aneurisma arterial. Hipertensi juga merupakan penyebab utama gagal jantung kronis. Penderita hipertensi biasanya akan menagalmi beberapa gejala seperti sakit kepala, pusing, dan kelelahan. Karena itu tak mengehrankan dalam kondisi tersebut emosinya mudah sekali terpancing bila terpicu oleh yang sesuatu tidak berkenan.

Hipertensi dapat disebabkan berbagai faktor di antaranya genetis dan lingkungan. Lebih dari 40 persen penderita hipetensi diketahui memang memiliki anggota keluarga yang telah mengidap hipertensi. Selain itu, gaya hidup modern dan lingkungan seperti lembur dan kurang tidur juga memiliki peran besar memicu hipertensi.

Lalu bagaimana caranya agar kita terhindar dari hipertensi atau setidaknya menekan risiko terkena kondisi medis tersebut? Perubahan gaya hidup adalah kuncinya. Gaya hidup sehat akan menhindarkan kita dari efek negatif hipertensi. Berikut beberapa perubahan dalam gayahidup sehari-hari yang dapan memperkecil risiko terkena hipertensi:

1. Olahraga rutin
2. Lakukan aktivitas menyenangkan di luar ruangan
3. Dapatkan vitamin D yang cukup, setidaknya dari paparan sinar matahari
4. Makan makanan tinggi serat seperti buah dan sayur
5. Berhenti merokok
6. Kurangi meminum alkohol
7. Tidur malam yang cukup
8. Ciptakan kehidupan rumah tangga yang sehat dan harmonis
9. Telusuri sejarah medis keluarga dan konsultasikan dengan dokter
10. Bila mengidap diabetes, segera lakukan pengobatan
11. Jaga berat tubuh agar tetap seimbang. (Pri/OL-06)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: