Tips Keuangan Bagi Calon Pengusaha

mediaindonesia.com- MENURUT Small Business Administration Sekitar 600 ribu bisnis baru dibuka setiap tahun. Berbagai elemen pun masuk untuk menentukan perkembangan bisnis. Sisi keuangan yang baik akan menjadi penentu kesuksesan jangka panjang.

“Sangat penting untuk pengusaha berdiskusi dengan penasihat keuangan dan memperhatikan aset bisnis. Mereka pun harus bisa membantu meningkatkan umur panjang perusahaan,” jelas Presiden Bernard R.Wolfe & Associates Brad Glickman. Untuk itu pengusahan harus memperhatikan tips keuangan berikut ini demi keberhasilan usaha bisnisnya:

1. Membangun dana darurat 
Sebelum memulai bisnis pastikan Anda memiliki ‘sarang telur’ untuk menyimpan dana darurat. Hal ini penting untuk memastikan tidak semua aset Anda terikat dalam bisnis.

2. Mengelola arus kas 
Salah satu masalah terbesar yang bisa membunuh bisnis adalah kurangnya arus kas. Sangat penting untuk punya rencana keuangan sehingga Anda tidak kehabisan uang tunai dan harus menutup bisnis. Apalagi jika bisnis yang ditekuni bisnis musiman, simpan uang tunai untuk dipergunakan saat bisnis mulai melambat.

3. Tidak perlu membuat kantor 
Banyak pengusahan merasa senang menandatangani sewa baru ruang kantor. Tapi ini memerlukan komitmen keuangan jangka panjang berisiko pada awalnya. Jika memungkinkan, bekerja di luar kantor atau di rumah. Sebagian pengeluaran bisnis terkait dapat dikurangi pada laporan SPT Anda.

4. Ambil keuntungan dari rencana pensiun 
Ada banyak rencana pensiun untuk wiraswasta selain Traditional IRA. Atau memanfaatkan program yang tergantung pada struktur perusahaan dan keuntungan perusahaan.

5. Bekerja dengan penasihat pajak 
Sangat bermanfaat untuk bekerja sama dengan Akuntan Publik yang mengkhususkan diri untuk bekerja dengan pemilik usaha kecil. Mereka dapat menawarkan saran untuk membantu Anda menurunkan pajak. Atur komunikasi dengan akuntan dan perencana keuangan sebagai tim manajemen kekayaan bisnis Anda.

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.