Tips Membeli dan Mengganti Sokbreker

tempo.co- Sokbreker adalah salah satu bagian terpenting pada bagian kendaraan Anda, karena disamping juga berperan dalam menopang kendaraan, juga memberikan efek yang vital dalam kenyamanan berkendara mobil Anda. Agar dapat disesuaikan dengan budget yang dimiliki saat sokbreker Anda harus diganti tanpa mengorbankan sisi kualitasnya, nah ikuti tips berikut.

  1. Perhatikan bodi. Yang perlu diperhatikan saat membeli sokbreker baru adalah bodi di sekitarnya untuk menghindari barang tersebut adalah bekas. Jika terdapat bekas las- lasan di sekitarnya, dan ketebalan cat di setiap permukaannya tidak terlihat konsisten, maka patut dicurigai sokbreker ini sudah pernah diperbaiki atau diganti isi didalamnya. Kualitas cat-nya pun juga seperti cat pabrik bukan cat pylox. Ini yang dinamakan jenis suspensi rebuilt, dan sebaiknya lebih berhati-hati saat membelinya.
  2. Perhatikan kode stamp. Untuk memastikan apakah sokbreker yang Anda beli asli atau tidak, adalah tingkat ketepatan ukiran kode stamp di permukaan sokbreker tersebut, jika terlihat mencong kiri atau ke kanan. Maka ini dikerjakan oleh tangan manusia, bukan dari pabrikan itu sendiri, patut di pertanyakan apakah ini barang asli atau tidak, serta uji kelayakan dalam penggunaannya. Serta harga ditawarkan perlu lebih dicermati, agar Anda tidak tertipu.
  3. Periksa kondisi batang as sokbreker.  Baik saat membeli sokbreker baru ataupun bekas, yang Anda harus perhatikan adalah batang as sokbreker harus mengkilap, tidak ada bekas las- lasan yang berwarna sedikit kebiru- biruan, dan juga belum ada bekas tergores. Jika ada gores patut diduga sudah pernah terpakai alias bekas.Tatkala fungsi dari batang as sokbreker bergerak naik dan urun dari bodi sokbreker. Serta drat pada batang sokbreker juga harus diperhatikan, masih bagus atau tidak? Dan ingat barang bekas atau rebuild, tetap barang bekas meskipun isi dalamnya sudah diganti semua dengan baru.
  4. Perhatikan anting sokbreker. Pada bagian bawah sokbreker terdapat yang namanya anting , dimana fungsinya untuk menopang beban dari kinerja suspensi itu sendiri. Jika anting sokbreker tersebut sudah tidak lagi terlihat bulat,maka barang tersebut sudah tidak lagi baru alias bekas dan bagian ini sangat mudah untuk dicek.
  5. Lakukan pengetesan. Terakhir setelah dicek semuanya,lakukan pengetesan, untuk jenis gas , tekan sokbreker full kebawah dan lihat apakah sokbreker kembali ke posisi atas dengan sendirinya ( harus kembali).  Untuk Jenis OLI, tekan kebawah dan tarik lagi, perhatikan pada saat menarik gerakan harus lancartidak terputus oleh angin. Aman sekarang tinggal dateng ke toko onderdil, belabnja dech :)Jika gerakannya pada saat kembali ke posisi awal terlihat sangat lambat, maka kondisinya boleh dikatakan sudah tidak layak lagi untuk digunakan. Ini dapat disebabkan olh dua hal, karena kesalahan dari pabrik jika memang barang baru, atau barang bekas. Untuk Jenis OLI, tekan kebawah dan tarik lagi, perhatikan pada saat menarik gerakan harus lancartidak terputus oleh angin. Aman sekarang tinggal datang ke toko onderdil, belannja.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: